Sunday, March 31, 2019

Sedikit Lebih Dekat Dengan Inkago Art Jatirogo

Tags

Belakangan ini muncul sebuah komunitas pemuda di kota Jatirogo yang cukup mencuri perhatian di dunia perindustrian kabupaten Tuban. Komunitas tersebut bernama Inkago Art yang merupakan akronim dari Industri Kreatif Anak Muda Ronggolawe Tuban. Banyak masyarakat di kabupaten Tuban yang cukup penasaran dengan keberadaan komunitas tersebut karena mereka cukup eksis di media sosial. 


Komunitas tersebut bukanlah sebuah komunitas yang didirikan hanya untuk sekadar kongkow semata. Namun lebih dari itu, komunitas tersebut merupakan perkumpulan para pemuda yang dengan kreativitasnya mereka berkarya dengan menuangkan ide-ide ke dalam bidang kerajinan tangan. Sehingga darinya menghasilkan barang-barang bernilai ekonomis yang bisa mendatangkan penghasilan. 

Banyak kerajinan tangan yang telah dan akan terus mereka garap serta tawarkan kepada masyarakat. Karya yang mereka kerjakan kebanyakan didominasi oleh barang-barang yang berbahan dasar kayu. Seperti replika berbagai macam benda, jam kayu bergambar, foto ukiran kayu, gantungan kunci, lampu hias, grafir kaca led, dll. Mereka melayani berbagai pesanan masyarakat, baik yang datang langsung ke lokasi tempat produksi maupun yang memesan barang secara online. 


Ada satu motto yang sering mereka gunakan untuk mempromosikan hasil karya mereka kepada masyarakat. Motto tersebut adalah kata-kata yang berbunyi "Abadikan momen indah dengan seni". Dengan motto tersebut, mereka mengajak kepada para penikmat karya Inkago Art Jatirogo untuk selalu mengabadikan dan mengekalkan kenangan indahnya (yang umumnya berupa foto) ke dalam kerajinan tangan hasil kerja keras anak-anak Inkago Art. Mereka juga mengajarkan kepada masyarakat bahwa barang-barang yang selama ini dianggap tidak berguna bisa dibuat menjadi kerajinan sedemikian rupa sehingga memiliki nilai guna dan nilai ekonomis. 

Hasil karya anak-anak Inkago Art tersebut saat ini sudah mulai dikenal oleh masyarakat luas, tak hanya Jatirogo saja namun juga sudah mulai menyentuh kota Tuban. Mereka sendiri bahkan pernah mendapatkan berbagai macam penghargaan dari beberapa instansi termasuk Pemerintah Kabupaten. Adanya penghargaan itulah yang turut menjadi motivasi bagi pemuda Inkago Art Jatirogo untuk selalu berkarya.


Hasil manis itu mereka capai karena selain mereka bekerja keras di dalam produksi kerajinan, mereka juga terhitung aktif mengikuti berbagai macam kegiatan pameran UMKM yang diadakan. Sehingga peluang bagi komunitas Inkago Art untuk bisa berkembang dan bersaing di dunia industri terbuka lebar. Namun, mereka mengatakan bahwa yang tak kalah penting dari itu semua adalah keberadaan Inkago Art Jatirogo mampu menjadi solusi dari masalah masih tingginya angka pengangguran di masyarakat. 

Baca juga Layanan Administrasi Kependudukan Online, Siapkah?

1 comments so far

Terimakasih infonya semoga sukses terus gan...
http://bit.ly/2D5Z6OD


EmoticonEmoticon