Friday, March 22, 2019

Berapa Sih Gaji Kepala Desa Di Kabupaten Tuban?

Tags

Menjelang pelaksanaan pemilihan kepala desa di tahun 2019, ada beberapa masyarakat yang mencari informasi terkait besaran gaji atau penghasilan tetap yang diterima oleh kepala desa di setiap bulannya. Keingintahuan tersebut didasari dari banyaknya orang yang ingin mengikuti pemilihan kepala desa yang terkadang dalam prosesnya sampai seseorang tersebut harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Sehingga memberikan asumsi apakah pengeluaran yang dilakukan sebanding dengan pendapatan yang akan diperoleh. 


Dalam hal ini, pemerintah kabupaten Tuban telah mengatur besaran hak yang akan didapatkan oleh pejabat di tingkat desa, yaitu kepala desa dan perangkatnya. Hak tersebut terdiri dari gaji atau penghasilan tetap dan pemberian tunjangan, baik itu tunjangan kesehatan, ketenagakerjaan, jabatan, hingga tunjangan kinerja. Semuanya sudah diatur detail dalam Peraturan Bupati atau Perbup Tuban Nomor 63 Tahun 2015 yang diubah dengan Perbup Nomor 93 Tahun 2018. 

Dalam Perbup tersebut dijelaskan bahwa besaran gaji atau penghasilan tetap kepala desa perbulan paling banyak adalah sebesar Rp. 2.500.000,- setiap bulan. Sedangkan gaji sekretaris desa atau sekdes adalah paling sedikit 70% dan paling banyak 80% dari penghasilan kepala desa. Sedangkan penghasilan tetap perangkat desa selain sekretaris desa paling sedikit 50% dan paling banyak 60% dari gaji kepala desa. Adanya persentase tersebut disesuaikan dengan kemampuan keuangan desa. 

Namun demikian, para pejabat di tingkat desa ini sebagian besar masih memiliki penghasilan tambahan selain dari dana yang disebutkan di atas. Penghasilan tambahan tersebut berupa tanah bengkok yang dimiliki oleh desa yang hak pengelolaannya diserahkan kepada kepala desa maupun perangkat desa. Bahkan di beberapa desa, penghasilan yang diperoleh dari penggarapan tanah bengkok ini melebihi nilai gaji bulanan kepala desa maupun perangkatnya. Penghasilan tambahan dari bengkok inilah yang mungkin menjadi daya tarik seseorang untuk mengikuti kontestasi pemilihan kepala desa. 

Terus, bagaimana dengan desa yang tidak memiliki tanah bengkok untuk digarap kades maupun perangkat desa? Di Perbup 93 tersebut juga mengatur pemberian penghasilan tambahan bagi mereka. Pemerintah kabupaten Tuban memberikan tambahan penghasilan sebesar Rp 500.000,- bagi kepala desa yang tidak mendapatkan bengkok. Sedangkan untuk sekretaris desa sebesar Rp 400.000,- dan perangkat desa selain sekdes sebesar Rp 300.000,- perbulannya. 

Baca juga Kini, Pajak Bumi Dan Bangunan Bisa Dicek Secara Online

1 comments so far

Terimakasih infonya semoga sukses terus gan...
http://bit.ly/2D5Z6OD


EmoticonEmoticon