14 March 2019

Satpol PP Tuban Berikan Edukasi Penegakan Perda Kepada Masyarakat

Tags

Satuan Polisi Pamong Praja atau yang biasa disebut dengan Satpol PP memberikan sosialisasi di pendopo kecamatan Jatirogo tentang penegakan perundang-undangan daerah. Sosialisasi dan edukasi tentang perda tersebut diberikan langsung oleh kepala Satpol PP Tuban, Hery Muharwanto. Di samping itu hadir juga perwakilan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Tuban yang turut memberikan pemaparan terkait pentingnya menghindari penyalahgunaan narkoba. 


Sosialisasi yang dilaksanakan pada hari Selasa, 12 Maret 2019 tersebut diikuti oleh banyak peserta dari seluruh desa yang ada di kecamatan Jatirogo. Rata-rata yang hadir adalah perangkat desa, karena dari para pejabat di tingkat desa ini diharapkan mampu meneruskan informasi tentang perundang-undangan daerah kepada masyarakat. Sehingga jika Perda tersebut dimengerti oleh seluruh masyarakat tentu akan mampu meminimalkan potensi pelanggaran terhadap perda itu sendiri. 

Adapun yang menjadi fokus pembahasan pada acara tersebut adalah penjelasan terkait Peraturan Daerah Nomor 16 Tahun 2014 tentang ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat di kabupaten Tuban. Perda tersebut di antaranya berisikan tentang ketertiban di jalan umum dan jalur hijau, ketertiban dalam lingkungan masyarakat, kesusilaan dan tempat umum serta ketertiban bangunan, perizinan, dan investasi di daerah. 


Masyarakat Tuban apabila mengetahui pelanggaran terhadap Perda bisa melakukan pengaduan dengan menghubungi call centre (0356) 321003 yang menyediakan layanan selama 24 jam. Mereka yang melanggar pasal 7 ayat 1 pada Perda 16 tadi akan dikenai ancaman pidana kurungan paling lama 3 bulan atau denda paling banyak 50 juta rupiah. Namun, meskipun demikian Satpol PP dalam menjalankan tugasnya akan selalu mengedepankan sisi kemanusiaan dan pembinaan, karena bisa jadi munculnya pelanggaran terhadap Perda karena ketidaktahuan masyarakat terhadap aturan yang berlaku.  

Baca juga Inilah 15 Desa Di Jatirogo Yang Akan Menyelenggarakan Pilkades Tahun 2019

1 komentar so far

Terimakasih infonya semoga sukses terus gan...
http://bit.ly/2D5Z6OD


EmoticonEmoticon