11 Februari 2019

Tata Cara Mencoblos Pada Pemilu 2019

Tags

Pemilihan umum sudah bergulir sejak puluhan tahun yang lalu hingga sekarang ini. Dalam pelaksanaannya selalu saja terjadi hal-hal baru di tiap gelarannya. Hal itu bisa jadi dikarenakan jumlah peserta pemilu yang seringkali berubah-ubah atau karena adanya regulasi baru terkait pelaksanaan pemilu tersebut. 


Oleh karena itu masyarakat Indonesia haruslah mengerti bagaimana tata pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan itu. Hal ini penting agar mereka tidak melakukan kesalahan dalam menyalurkan suaranya sehingga hasil pemilu benar-benar dapat menjadi wujud dari kedaulatan rakyat karena suara yang ia berikan sesuai dengan pilihan hatinya. 

Terlebih di setiap penyelenggaraan pemilu mesti diikuti oleh pemilih yang sebagian besar masih pemula dan sama sekali belum pernah mengikuti pelaksanaan pencoblosan. Di sinilah peran penyelenggara pemilu untuk memberikan pendidikan politik bagi mereka. Entah itu berkaitan dengan etika berpolitik sampai kepada teknis pelaksanaan pencoblosan surat suara. 

Dan berikut ini adalah beberapa skema atau langkah yang dilakukan ketika seseorang ingin mencoblos pada pemilu 2019. (Perlu diperhatikan terutama bagi pemilih pemula tentang bagaimana mengikuti atau langkah melakukan pencoblosan dalam pemilu).
1. Pencatatan Kehadiran 
Seseorang yang hendak melangsungkan pencoblosan surat suara langsung  mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang telah disiapkan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dengan membawa form C6 atau surat undangan yang telah diberikan oleh panitia pada waktu sebelumnya. Ketika sampai di TPS maka form tersebut untuk segera diserahkan kepada panitia agar dilakukan pencatatan dan pengecekan terhadap nama calon pemilih. 

2. Menunggu Antrian
Pemilih yang sudah menyerahkan form C6 kemudian untuk menempati tempat duduk yang tersedia di TPS sambil menunggu namanya dipanggil oleh panitia. 

3. Menerima Surat Suara 
Jika sudah sampai pada gilirannya, maka panitia akan memberikan lembar surat suara kepadanya untuk selanjutnya dilakukan pencoblosan. Di sini, perlu diingat bahwa dalam pemilu 2019 ini setiap pemilih akan diberi 5 macam surat suara. 

4. Mencoblos 
Langkah selanjutnya adalah segera masuk ke bilik tempat melakukan pencoblosan. Ingat! Dalam mencoblos, gunakan alat yang sudah disiapkan oleh panitia untuk mencegah terjadinya suara tidak sah. 

5. Memasukkan Surat Suara 
Setelah melakukan pencoblosan, lipat suara dengan rapi kembali untuk dimasukkan ke dalam kotak suara. Kemudian dalam memasukkan surat suara yang perlu diperhatikan adalah beberapa macam surat suara yang telah dicoblos tersebut harus dimasukkan pada kotak yang sesuai dengan jenis surat suara. Kesesuaian tersebut bisa dilihat pada keterangan tulisan kotak suara dan bentuk warnanya, apakah surat suara itu untuk calon anggota legislatif DPRD kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD, ataukah surat suara untuk calon presiden. Jika pemilih masih menemui kesulitan, maka ia bisa meminta bantuan kepada panitia atau petugas keamanan yang ada di TPS tersebut. 

6. Pencelupan Jari
Di bagian ini, pemilih kemudian menuju ke lokasi di mana disediakan tinta untuk pencelupan jari. Fungsi dari pencelupan ini adalah sebagai tanda bahwa orang tersebut telah melakukan pencoblosan. Sehingga diharapkan agar tidak ada seseorang yang melakukan pencoblosan dua kali. 

7. Keluar 
Ini adalah langkah terakhir bagi pemilih dalam melakukan pencoblosan pemilu 2019. Biasanya di TPS dipasang tanda seperti "KELUAR", "MASUK", dll. 

Dengan mengikuti proses pemilihan umum berarti seseorang telah menunjukkan bahwa dirinya benar-benar berusaha menjadi warga negara yang baik. Tanpa adanya pemilih maka pemilu tak bisa dilaksanakan dan pesta demokrasi menjadi tidak berarti sama sekali. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan turut berpartisipasi memberikan suaranya dalam pemilihan umum 2019 karena golput bukanlah sebuah pilihan. 

Baca juga Beberapa Macam Pemilih Pada Pemilu 2019


EmoticonEmoticon