04 Februari 2019

Tahapan Mengikuti SNMPTN

Tags

Menjelang akhir tahun ajaran, seluruh siswa dan sekolah disibukkan dengan agenda seleksi penerimaan mahasiswa baru di berbagai perguruan tinggi. Hal itu menjadi lumrah adanya karena memang anak didik dituntut untuk menyelesaikan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. 

Pemerintah juga berharap agar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang biasa disingkat dengan SNMPTN ini berjalan dengan prinsip keadilan, transparan, akuntabel, dan tidak diskriminatif dengan membeda-bedakan latar belakang calon mahasiswa. Hal itu dikarenakan setiap warga memiliki hak pendidikan yang sama dengan warga yang lainnya. 


Adanya SNMPTN ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada seluruh siswa SMA sederajat untuk bisa menempuh pendidikan tinggi di negeri ini. Selain itu juga bertujuan agar Perguruan Tinggi Negeri atau PTN yang ada di Indonesia berpotensi untuk memperoleh mahasiswa-mahasiswa yang memiliki prestasi karena proses perekrutannya dilakukan melalui seleksi yang baik. 

Beberapa persyaratan ketat pun bahkan diberikan bagi mereka yang memiliki niat mengikuti SNMPTN. Di antaranya adalah bahwa sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN hendaknya sudah memiliki NPSN dan telah mengisi PDSS. Kemudian siswa yang mengikuti seleksi tersebut haruslah merupakan siswa terbaik  yang memiliki prestasi unggul, memiliki NISN, memiliki nilai rapor semester satu sampai lima, serta memenuhi beberapa persyaratan yang ditetapkan oleh PTN yang hendak dimasuki. 

Berikut ini adalah beberapa tahapan dalam pelaksanaan SNMPTN :

  • Sekolah melakukan pengisian data sekolah dan siswa di laman http://pdss.snmptn.ac.id
  • Sekolah akan diberikan password untuk digunakan login oleh para siswa melakukan verifikasi 
  • Siswa melakukan verifikasi data rekam jejak prestasi di sekolah yang diisikan oleh pihak sekolah 
  • Jika siswa tidak melakukan verifikasi, maka data yang diberikan sekolah dianggap valid dan tidak dapat dilakukan perubahan di waktu mendatang 
  • Panitia pusat melakukan pemeringkatan terhadap data yang disajikan oleh sekolah 
  • Hasil dari pemeringkatan tersebut menjadi dasar diperbolehkannya siswa mendaftarkan diri untuk mengikuti SNMPTN 
  • Siswa bisa mendaftarkan diri di laman http://web.snmptn.ac.id

Biaya penyelenggaraan seleksi SNMPTN ini sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah, jadi pendaftar tidak dipungut biaya sepeser pun.


Baca juga Desmigratif, Program Baru Dari Kementerian Ketenagakerjaan


EmoticonEmoticon