05 Februari 2019

Sosialisasi Simulasi Pemilu 2019

Tags

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Jatirogo mengadakan sosialisasi simulasi pemilu kepada seluruh Panitia Pemungutan Suara atau PPS yang ada di kecamatan Jatirogo. Sosialisasi yang dilaksanakan pada malam hari di pendopo kecamatan ini dilakukan untuk menyongsong pelaksanaan pemilu yang waktunya tinggal dua setengah bulan lagi. Hal tersebut mengingat bahwa pemilu tahun ini diklaim sebagai pemilihan terbesar di dunia karena melangsungkan lima macam pemilihan secara bersamaan. 


PPK Jatirogo mengatakan bahwa setelah melakukan serangkaian uji coba pencoblosan, diperoleh hasil bahwa seorang nantinya membutuhkan waktu sekitar empat belas menit untuk menyalurkan suaranya saat pemilu. Hal itu terhitung mulai seorang tersebut berdiri mendapatkan panggilan untuk masuk ke bilik suara sampai memasukkan surat suara yang telah dicoblos ke dalam kotak suara. Bahkan waktu tersebut bisa semakin lama jika orang yang akan mencoblos terkendala dengan baca tulis atau terkendala hal lainnya. 

Oleh karena itu, penyelenggara pemilu harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin. Terlebih terkait dengan pengisian berkas-berkas kelengkapan administrasi Tempat Pemungutan Suara (TPS). Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) diharapkan mampu membagi tugas dengan sebaik mungkin agar pengisian berkas tersebut dapat diselesaikan dalam waktu yang tersedia tanpa banyak terjadi kekeliruan. 

Dalam kesempatan tersebut, PPK juga menyinggung PPS agar berhati-hati dalam merekrut anggota KPPS. PPK mengingatkan agar anggota KPPS yang direkrut adalah benar-benar orang yang tidak terindikasi masuk dalam Daftar Nama Anggota (DNA) partai politik. Jika sampai ada anggota KPPS yang ternyata tergabung dalam keanggotaan partai politik, maka PPS harus segera menggantinya dengan orang lain sebelum terjadinya penemuan oleh Badan Pengawas Pemilu. 

PPK juga mewanti-wanti agar pembuatan TPS tidak terlalu berdekatan dengan rumah calon anggota legislatif (caleg) atau posko pemenangan. Hal itu untuk menghindari adanya anggapan yang menyebutkan bahwa TPS tersebut berafiliasi dengan caleg atau partai yang berdekatan tersebut. Sebenarnya tidak masalah dalam penentuan lokasi TPS, entah dekat atau jauh dari hal di atas. Namun mengingat besarnya persentase kerawanan pemilu pada tahun ini diharapkan penyelenggara berhati-hati sedini mungkin. Terlebih di daerah pilihan (dapil) 5 Tuban ada belasan caleg yang berasal dari kota Jatirogo. 

Baca juga PPS Se-Jatirogo Sosialisasikan Jadwal Kampanye Lewat Spanduk


EmoticonEmoticon