24 February 2019

Pemasangan Stiker PKH Dan BPNT, Perlukah?

Tags

Dinas sosial di beberapa kabupaten di Indonesia ada yang memiliki inisiatif untuk membuat stiker untuk dipasang di depan rumah-rumah para penerima Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Stiker tersebut berisikan tulisan yang menjelaskan bahwa pemik rumah adalah penerima bantuan sosial. Di antaranya bertuliskan seperti, " Ini rumah warga miskin yang menerima bantuan dari pemerintah berupa PKH atau BPNT". Bahkan ada stiker yang di bawahnya terdapat keterangan " Ya Allah, sejahterakanlah saudara kami yang miskin ini, tapi apabila mereka berpura-pura miskin, maka adzabmu sangatlah pedih."


Pembuatan dan pemasangan stiker tersebut bisa jadi dilakukan untuk mengurangi jumlah warga miskin penerima bantuan sosial. Apa bisa? Bisa. Beberapa kasus yang terjadi menyebutkan bahwa tak sedikit keluarga penerima manfaat bantuan sosial merasa malu jika rumahnya ditempeli stiker dari dinas sosial tersebut. Terlebih bagi seorang yang rumahnya terlihat bagus, maka tak jarang ada yang langsung meminta surat pengunduran diri dari penerima bantuan sosial kepada dinas sosial.

Sebagaimana diketahui dan dimaklumi bahwa kebanyakan masyarakat Indonesia itu jiwa sosialnya tinggi. Terlebih bagi mereka yang melek media sosial. Sehingga, rata-rata mereka malu jika dianggap orang yang tidak punya tapi jika ada bantuan dari pemerintah tetap berharap mendapatkannya. Nah, keadaan seperti ini ditangkap oleh Dinas Sosial sehingga dibuatkan stiker untuk dipasang di rumah penerima dan terbukti efektif mampu menyadarkan para penerima yang mampu dengan kesadaran sendiri. 

Dinas sosial melalui pendamping, baik PKH, Rastra, maupun BPNT menegaskan kepada masyarakat penerima bantuan agar tidak malu saat rumahnya ditempeli stiker tersebut. Mereka mewanti-wanti agar stiker yang dipasang untuk tidak dilepas atau dirusak. Jika sampai stiker itu rusak atau hilang, maka otomatis si pemilik rumah menjadi keluar dari keanggotaan penerima bantuan sosial. 

Namun demikian, ada juga masyarakat yang menyayangkan pemasangan stiker untuk orang-orang tidak mampu yang mendapatkan bantuan dari pemerintah. Alasannya adalah tidak sepatutnya seseorang atau lembaga bahkan pemerintah memberikan bantuan dengan merendahkan orang yang diberikan bantuan. Sebab, hal tersebut mungkin saja bantuannya bisa membantu sedikit kesejahteraan mereka namun melukai hati si penerima. 

Ya begitulah, sisi kehidupan di dunia ini selalu memunculkan pro kontra. 

Baca juga Apakah Yang Dimaksud Dengan KIA Itu? Perlukah Untuk Memilikinya?


EmoticonEmoticon