Saturday, February 23, 2019

Begini Bunyi Sumpah Panitia Pilkades

Tags

Beberapa waktu yang lalu telah dilakukan pembentukan panitia pilkades tahun 2019 untuk desa-desa yang akan menyelenggarakan pemilihan kepala desa secara serentak di kabupaten Tuban. Sesuai tahapan yang diberikan oleh pemerintah kabupaten, waktu pelaksanaan pilkades akan diselenggarakan pada tanggal 10 Juli 2019.


Panitia pilkades yang telah terbentuk pun langsung diambil sumpahnya oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat. Sebab agenda pilkades sudah mulai dilaksanakan pada bulan Februari, dengan kegiatan seperti penyusunan tata tertib, penyusunan daftar pemilih, penentuan biaya pilkades, pengumuman dan pendaftaran serta hal-hal yang lainnya. Berikut ini adalah teks sumpah panitia pilkades yang pengambilannya dipimpin oleh ketua BPD dengan disaksikan oleh peserta rapat dan menggunakan alquran yang dibawakan oleh tokoh agama desa setempat:

"DEMI ALLAH.  
SAYA BERSUMPAH, BAHWA SAYA AKAN MEMENUHI TUGAS DAN KEWAJIBAN SAYA SELAKU PANITIA PEMILIHAN KEPALA DESA DENGAN SEBAIK-BAIKNYA, SESUAI  DENGAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN, DENGAN BERPEDOMAN PADA PANCASILA DAN UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945.

BAHWA SAYA, DALAM MELAKSANAKAN TUGAS DAN WEWENANG AKAN BEKERJA DENGAN SUNGUH-SUNGGUH, JUJUR, ADIL DAN CERMAT DEMI SUKSESNYA PEMILIHAN KEPALA DESA, TEGAKNYA DEMOKRASI DAN KEADILAN, SERTA MENGUTAMAKAN KEPENTINGAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA DARI PADA KEPENTINGAN PRIBADI ATAU GOLONGAN."

Sebagian besar desa yang ada di kabupaten Tuban hanya menyiapkan satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) per desa untuk pelaksanaan pilkades nanti. Sebab, sesuai aturan yang berlaku menyebutkan bahwa desa dengan jumlah pemilih di bawah 4.000 orang, dalam pelaksanaan pilkades nanti hanya menggunakan satu TPS. 

Namun ada juga desa di kabupaten Tuban yang jumlah pemilihnya di atas 4.000 orang. Sehingga desa tersebut harus menyiapkan 3 TPS dengan jumlah panitia pilkades sebanyak 5 orang yang dibantu 7 orang di masing-masing TPS. Sementara desa yang jumlah pemilihnya di atas 9.000 orang, maka kepanitiaannya sebanyak 7 orang dengan dibantu 7 orang di 5 TPS. Kepanitiaan pilkades tersebut diambilkan dari unsur perangkat desa, pimpinan/anggota lembaga kemasyarakatan dan tokoh masyarakat. 

Baca juga Dispemas Tuban Adakan Pembekalan Panitia Pengisian BPD


EmoticonEmoticon