Tuesday, January 22, 2019

Dispemas Tuban Adakan Pembekalan Panitia Pengisian BPD

Tags

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Dan Keluarga Berencana (Dispemas KB) Kabupaten Tuban mengadakan pembekalan terhadap panitia pengisian BPD pada hari Senin, 21 Januari 2019. Pembekalan yang diikuti oleh seluruh desa di kecamatan Jatirogo dan Kenduruan ini dilaksanakan di pendopo kecamatan Jatirogo. 


Pembekalan itu diberikan untuk menyongsong agenda pengisian BPD yang tahapannya dimulai pada bulan Januari ini. Sehingga, panitia pengisian BPD dalam menjalankan tugasnya bisa sesuai dengan aturan perundang-undangan dan petunjuk yang berlaku. 

Sebagaimana diketahui BPD adalah sebuah lembaga yang melaksanakan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan keterwakilan perempuan yang ditetapkan secara demokratis. Adapun jumlah dari BPD yang ada di masing-masing desa tidaklah sama tergantung pada jumlah penduduk yang ada pada desa tersebut. 

Masa jabatan anggota BPD adalah selama enam tahun terhitung dari tanggal pengucapan sumpah sebagai anggota BPD. Mereka yang sudah pernah menjabat sebagai anggota BPD dapat mencalonkan lagi pada periode berikutnya dengan syarat tidak melebihi tiga kali secara berturut-turut. 

Lalu, apa saja fungsi dari BPD? Fungsi adanya lembaga yang satu ini di antaranya adalah membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa. Kemudian berfungsi sebagai lembaga yang menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa. Di samping itu, lembaga ini juga memiliki fungsi untuk melakukan pengawasan terhadap kinerja kepala desa. 

Baca juga Jadwal Dan Syarat Menjadi Anggota BPD Di Tuban 2019


EmoticonEmoticon