Wednesday, January 30, 2019

Beberapa Macam Pemilih Pada Pemilu 2019

Tags

Pemilihan umum tahun 2019 semakin dekat. Persiapan-persiapan yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu juga semakin dimatangkan. Termasuk di antaranya adalah memastikan validnya para pemilih yang akan memberikan suaranya pada pelaksanaan pemilu. Para pemilih ini adalah elemen penting dalam penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan ini karena tanpa adanya pemilih maka pemilu tak bisa dilaksanakan. 

Komisi Pemilihan Umum membagi pemilih menjadi tiga macam. Ketiganya yaitu pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap atau DPT, pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tambahan atau DPTb, dan pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Khusus atau DPK. 


Pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap, mereka bisa menggunakan suaranya saat hari coblosan pada tempat pemungutan suara yang telah ditentukan. Masyarakat yang ingin memastikan apakah namanya sudah masuk dalam DPT atau belum biasanya bisa melihat data tersebut pada papan-papan pengumuman yang terpasang di kantor-kantor desa. 

Lalu yang kedua adalah pemilih yang terdaftar dalam DPTb. Sebenarnya, pemilih ini adalah pemilih yang sudah terdaftar dalam DPT. Namun, karena adanya suatu sebab maka pemilih tersebut memberikan suaranya pada TPS lain. Pemilih yang akan menyalurkan suaranya pada TPS yang berbeda dengan data yang tercantum pada DPT tersebut harus membuat laporan terlebih dahulu sehingga penyelenggara di tingkat desa bisa memasukkannya ke dalam DPTb. 

Yang terakhir, adalah pemilih yang terdaftar pada DPK. Ini adalah jenis pemilih yang tidak tercantum pada DPT maupun DPTb akan tetapi memiliki identitas berupa KTP. Mereka bisa juga memberikan suaranya saat pemilihan umum dengan mendaftarkan diri pada TPS yang terletak sesuai dengan alamat yang tertera pada kartu identitasnya. 

Baca juga PPS Se-Jatirogo Sosialisasikan Jadwal Kampanye Lewat Spanduk


EmoticonEmoticon