11 Desember 2018

Musim Hujan Tiba Banyak Warga Berburu Ungker

Tags

Setiap kali musim hujan tiba, maka setiap itu pula banyak bermunculan ungker yang bisa diburu oleh masyarakat Tuban. Ungker adalah sebuah kepompong yang merupakan hasil metamorfosis dari ulat pohon jati. Orang Jawa ada yang menyebutnya dengan nama Enthung

Masyarakat Tuban banyak yang berburu hewan tersebut ke tempat-tempat yang banyak pohon jatinya terutama di daerah pinggiran yang masih banyak dijumpai pohon jati yang besar-besar. Ungker-ungker tersebut dapat ditemukan di tanah sekitaran pepohonan jati.  


Sebagaimana diketahui, sebelum adanya ungker terdapat ulat-ulat menyerang semua pohon jati di seluruh tempat. Entah dari mana datangnya mereka meskipun di lokasi yang terpencil, ulat-ulat tersebut mampu menjangkaunya untuk menyikat habis daun jati. 

Mereka terlihat bergelantungan di pohon dengan mengaitkan diri pada benang serat mereka. Sehingga jika pepohonan jati tersebut berada di pinggiran jalan maka akan memaksa para pengguna jalan untuk berhati-hati jika tidak ingin terhinggapi ulat-ulat yang bergelantungan tadi. Tak sedikit dijumpai pengendara sepeda motor harus berhenti di jalanan untuk membersihkan ulat-ulat yang menempel pada tubuh mereka. 

Selang beberapa hari kemudian menjelmalah ulat-ulat tersebut menjadi kepompong atau yang sering disebut ungker. Sebagian masyarakat menjadikan ungker ini sebagai bahan makanan yang lezat. Mereka akan mencarinya selama seharian agar bisa mendapatkan ungker atau enthung ulat jati dalam jumlah yang banyak. 

Selain dijadikan lauk untuk dimakan sendiri, ungker-ungker yang didapatkan tadi juga laku di pasaran. Harganya berkisar antara lima puluh sampai tujuh puluh ribuan per kilogram. Bahkan di era teknologi informasi yang serba cepat ini, banyak juga yang menawarkan ungker dengan memanfaatkan media sosial. Dan hal tersebut rupanya cukup mendapatkan perhatian para pengguna internet. 


Namun, di balik itu semua banyak juga masyarakat yang geli dan jijik terhadap keberadaan ungker. Mereka tak bisa membayangkan bagaimana mengkonsumsi ungker yang dulunya merupakan ulat yang suka menggeliat. 

Baca juga Memperingati Hari Jadi Tuban Dengan Membuat Tumpeng dan Selametan


EmoticonEmoticon