Thursday, November 1, 2018

Sipades, Sebuah Aplikasi Untuk Mengelola Aset Desa

Tags

Mulai tahun ini Pemerintah akan menertibkan aset-aset yang ada di desa agar keberadaanya menjadi transparan dan dapat dipertanggungjawabkan. Oleh kerena itu Pemerintah meluncurkan sebuah aplikasi bernama Sipades yang merupakan akronim dari Sistem Pengelolaan Aset Desa.

Nah, sebelumnya apa saja yang termasuk ke dalam aset desa itu? Berikut ini adalah pengertian aset desa menurut Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2016, Aset Desa adalah barang milik Desa yang berasal dari kekayaan asli milik Desa, dibeli atau diperoleh atas beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa) atau perolehan Hak lainnya yang sah.



Kemudian dalam mengelola aset desa, ada beberapa rangkaian kegiatan yang bisa dilakukan oleh pemerintah desa mulai dari perencanaan, pengadaan, penggunaan, pemanfaatan, pengamanan, pemeliharaan, penghapusan, pemindahtanganan, penatausahaan, pelaporan, penilaian, pembinaan, pengawasan hingga pengendalian aset Desa.


Kembali lagi ke aplikasi tadi, Sipades adalah sebuah perangkat lunak yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Ditjen Bina Pemdes). Aplikasi ini mulai dibuat di tahun 2016 dan siap untuk dipakai pada tahun 2018 ini. Aplikasi ini dijalankan secara offline/tanpa memerlukan jaringan internet dan isinya memuat beberapa menu, seperti di antaranya Inventarisir Barang dan Laporan.


Ada tiga hal yang perlu disiapkan sebelum menjalankan aplikasi yang satu ini. Ketiga hal tersebut yaitu:


1. Perangkat keras

Yang dimaksud dengan perangkat keras adalah mempersiapkan komputer dengan spesifikasi minimal processornya Pentium/AMD Quad Core dengan kecepatan 1,5 GHz. Kemudian komputer yang dipakai tersebut paling tidak memiliki media penyimpanan sementara/RAM sebesar 2GB.


2. Perangkat lunak

Selanjutnya aplikasi Sipades tersebut bisa digunakan dalam sistem operasi Windows 7, 8, 10 atau yang di atasnya.


3. Pengguna

Dan persiapan yang ketiga ini adalah adanya pengguna atau orang yang menjalankan aplikasi tersebut. Umumnya orang tersebut merupakan perangkat desa yang biasanya ada di jabatan bidang Kaur TU dan Umum.



Adapun terkait file aplikasi, tata cara pengoperasian maupun databasenya nanti akan diberikan langsung melalui Pemerintah Pusat melalui masing-masing Kabupaten. Tujuan dari dibuatnya aplikasi Sipades ini adalah untuk memudahkan kepala desa dan perangkatnya dalam mengelola aset desa.

Baca juga Apa Dan Bagaimana Pengelolaan Keuangan Desa Itu?


EmoticonEmoticon