Friday, October 12, 2018

Terjemah Kitab Manaqib Jawahirul Ma'ani Part IV

" Ya Allah, tebarkanlah wewangian surga kepada Syekh Abdul Qodir Al Jaelani, dan bentangkanlah kepada kami rahasia-rahasia yang telah Engkau titipkan kepadanya "

Pada diri Syekh Abdul Qodir Al Jaelani tampak karomah yang sangat banyak. Di masa hidupnya banyak orang yang meminta tolong kepadanya bahkan setelah beliau wafat karena beliau mewarisi karomah kakeknya yaitu Nabi Muhammad SAW. 

Pada suatu hari beliau lewat di suatu perkampungan dan melihat telah terjadi pertengkaran antara seorang muslim dengan seorang nasrani. Maka beliau pun bertanya tentang penyebab terjadinya pertengkaran tersebut. Si muslim menjawab, " Menurut keyakinan orang nasrani ini, Nabi Isa AS lebih utama dibandingkan dengan Nabi Muhammad SAW. Sedangkan menurutku Nabi Muhammad SAW yang lebih utama."


Lalu Syekh Abdul Qodir Al Jaelani bertanya kepada si nasrani, "Atas dasar apa kamu meyakini bahwa Nabi Isa AS lebih utama dibandingkan dengan Nabi Muhammad SAW? Maka si Nasrani pun menjawab, " Sesungguhnya Nabi Isa AS dapat menghidupkan orang-orang yang sudah mati." 

Syekh Abdul Qodir Al Jaelani lalu berkata, " Sesungguhnya aku bukanlah seorang nabi, tapi aku adalah pengikut Nabi Muhammad SAW. Jika aku bisa menghidupkan orang yang telah mati, apakah kamu akan beriman kepada Nabi Muhammad SAW? Maka orang Nasrani tadi menjawab, " Baiklah." Kemudian Syekh Abdul Qodir Al Jaelani berkata, " Tunjukkan padaku sebuah kuburan yang sudah hancur untuk aku perlihatkan padamu keutamaan Nabi Muhammad SAW. 

Maka orang Nasrani tersebut memperlihatkan sebuah kuburan yang sudah kuno. Dan berkatalah Syekh Abdul Qodir Al Jaelani, " Dengan ucapan apa Nabi Isa AS ketika menghidupkan orang mati dari kuburnya? " Orang Nasrani pun menjawab,  " Adalah Nabi Isa mengatakan قم باذن الله (Bangunlah dengan izin Allah!) 

Syekh Abdul Qodir Al Jaelani berkata, " sesungguhnya penghuni kubur ini dulunya saat di dunia ia adalah seorang penyair. Jika kamu ingin agar aku menghidupkannya dengan melantunkan nyanyian maka aku akan memenuhi permintaanmu. " Si Nasrani menjawab " Ya." 

Kemudian Syekh Abdul Qodir Al Jaelani pun menghadap ke arah kuburan dan berkata, "Bangunlah! " maka kuburan tersebut pun terbelah dan bangunlah seorang mayit menjadi hidup kembali sambil bernyanyi. Tatkala orang Nasrani melihat karomah ini serta mengakui keutamaan Nabi Muhammad SAW, dia pun masuk islam berkat sang penolong yang mudah-mudahan Allah memberkahinya dan memberkahi kita semua serta membentangkan rahasia-rahasianya kepada kita di dunia dan akhirat. 

" Ya Allah, tebarkanlah wewangian surga kepada Syekh Abdul Qodir Al Jaelani, dan bentangkanlah kepada kami rahasia-rahasia yang telah Engkau titipkan kepadanya "

1 comments so far

min ijin copas terjemahan kitab Jawahirul Ma'ani. ditunggu terjemahan bab yang lainnya. kalau bisa sama tulisan arab latinnya min untuk memudahkan yg belum bs baca aksara arab. semoga mendafatkan berkah buat admin dan yg menterjemahkan. terimakasih


EmoticonEmoticon