Thursday, October 4, 2018

PPK Jatirogo Buka Posko Pemilu, Tempat Mengecek Nama Pada DPT

Komisi Pemilihan Umum membuka layanan bagi masyarakat yang ingin melihat dan memastikan namanya apakah sudah tercantum pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilihan umum (Pemilu) 2019 ataukah belum. Hal tersebut penting dilakukan karena waktu pemilu tinggal menyisakan beberapa bulan lagi. Agar masyarakat tidak kehilangan hak pilihnya maka dibuatlah posko-posko pengaduan yang ada di berbagai daerah. 

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Jatirogo sendiri juga memerintahkan kepada seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang ada di semua desa untuk jemput bola dengan menginformasikan kepada masyarakat akan keberadaan posko tersebut. Masyarakat berhak mendapatkan akses untuk mengadu kepada KPU apabila nama mereka tidak tercantum dalam DPT. Karena setiap warga yang memiliki hak pilih untuk mencoblos pada pemilu nanti mereka tentu juga berhak mendapatkan perlindungan. 


PPK Jatirogo menyebut pembuatan posko tersebut dengan istilah Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP). Langkah yang harus dilakukan oleh masyarakat adalah mengecek namanya pada DPT yang telah terpasang di masing-masing balai desa atau di tempat yang sudah ditentukan. Kemudian apabila ada seseorang yang tidak memungkinkan melihat DPT secara langsung, maka masyarakat bisa membuka informasi terkait data pemilih secara online di www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id.

Dengan tujuan melindungi hak para pemilih itulah, KPU mengusung semangat Pemilih Berdaulat Negara Kuat. Selain itu, KPU juga menyediakan aplikasi untuk pengguna android yang bisa diunduh dan diinstal dari Playstore. Aplikasi tersebut bernama KPU RI PEMILU 2019. KPU memberi waktu sampai tanggal 28 Oktober untuk pengecekan dan pengaduan data pemilih. 

Baca juga Inilah Beberapa Macam Warna Kertas Untuk Pemilu 2019


EmoticonEmoticon