Wednesday, October 3, 2018

PBNU Imbau Warga Baca Qunut Nazilah Untuk Korban Gempa

Pengurus Besar Nahdlotul Ulama (PBNU) mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya warga nahdliyin untuk ikut dalam mendoakan saudara setanah air yang sedang tertimpa musibah gempa bumi. Ajakan tersebut dituangkan dalam sebuah surat edaran bernomor 3162/C.I.34/10/2018 yang ditandatangani oleh ketua umum PBNU, Prof. DR. K.H. Said Aqil Siradj, MA. Organisasi keagamaan terbesar di Indonesia ini ikut berduka cita dengan apa yang di alami oleh penduduk Indonesia yang terkena bencana gempa bumi yang terjadi di Lombok, Donggala, Palu dan daerah berdampak bencana lainnya. 

PBNU menyerukan kepada seluruh pengurus yang ada di semua tingkatan untuk memanjatkan do'a kepada Allah SWT agar para korban serta keluarganya diberikan kesabaran dan ketabahan. Seruan tersebut berisi ajakan kepada semua umat islam agar membaca qunut nazilah pada setiap sholat jumat mulai tanggal 5 Oktober nanti. Kemudian pada hari Kamis, 11 Oktober diimbau pula untuk melaksanakan istighotsah, membaca sholawat, serta manaqib secara serentak di masjid-masjid, musala-musala, pondok-pondok pesantren maupun majlis/tempat yang lainnya. 


Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menunjukkan empati dan membantu para korban bencana alam yang  menimpa beberapa daerah di Indonesia pada akhir-akhir ini. Bantuan kepada mereka selain dilakukan dengan menyalurkan sumbangan berupa materi, dukungan berupa motivasi dan doa untuk mereka juga diperlukan. Kemudian, momentum tersebut juga bisa digunakan untuk meminta ampunan kepada Allah atas segala dosa dan kesalahan yang selama ini sering diperbuat oleh manusia. 

Baca juga Menyambut Tahun Baru Hijriyah, Lembaga Islam Di Jatirogo Adakan Pawai


EmoticonEmoticon