Tuesday, October 16, 2018

Dinsos Tuban Adakan Sosialisasi PMKS Dan PSKS

Tags

Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tuban mengadakan sosialisasi ke seluruh kecamatan yang ada di Tuban dengan materi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS). Pelaksanaan sosialisasi ini dimaksudkan agar semua desa yang ada di Kabupaten Tuban siap dengan agenda yang akan diberikan oleh Dinsos. Hal tersebut sangat penting mengingat Dinsoslah yang selama ini tugasnya berkaitan langsung dengan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah desa diharapkan agar aktif mengikuti dan melaksanakan program-program dari Dinsos. 

Di Kecamatan Jatirogo, Dinsos melaksanakan sosialisasi pada hari Senin (15/10). Ini adalah sosialisasi pertama yang dijadwalkan dari 20 kecamatan yang ada di kabupaten Tuban. Meskipun kegiatan dimulai pukul satu siang, acara tetap berjalan dengan lancar. Peserta yang hadir cukup antusias dengan materi yang disampaikan. 


Camat Jatirogo, Drs. Moh. Nawawi saat membuka kegiatan sosialisasi menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan Pemerintah melalui Dinas Sosial ini harus tepat sasaran. Data yang digunakan dalam menentukan penerima bantuan harus akurat dan valid. Dia mengatakan bahwa selama ini Jatirogo cukup kondusif. Akan tetapi dia meminta kepada Pemerintah Desa agar tidak lengah ketika berhubungan dengan kegiatan sosial. Pemerintah Desa harus tanggap dengan apapun yang terjadi di desanya masing-masing. Dia mengibaratkan meskipun hanya sebuah jarum jatuh di desa, maka Pemerintah  Desa harus mengetahuinya. 
Lalu, siapa saja yang termasuk dalam kategori penyandang kesejahteraan sosial? Baiklah berikut ini adalah pembagian masyarakat yang  masuk dalam kategori PMKS menurut apa yang disampaikan Dinas Sosial pada saat sosialisasi:
  1. Anak balita telantar 
  2. Anak telantar (usia 6-18 tahun) 
  3. Anak yang berhadapan dengan hukum (usia 12-18)
  4. Anak jalanan 
  5. Anak dengan kedisabilitasan (ADK) 
  6. anak korban kekerasan 
  7. Anak yang memerlukan perlindungan khusus 
  8. Lanjut usia terlantar 
  9. Penyandang disabilitas 
  10. Tuna susila
  11. Gelandangan 
  12. Pengemis 
  13. Pemulung
  14. Kelompok minoritas 
  15. Bekas warga binaan lembaga pemasyarakatan (BWBLP) 
  16. Orang dengan HIV/AIDS
  17. korban NAPZA
  18. Korban trafficking
  19. Korban tindak kekerasan 
  20. Pekerja migran bermasalah sosial (PMBS) 
  21. Korban bencana alam 
  22. Korban bencana sosial 
  23. Perempuan rawan sosial ekonomi 
  24. Fakir miskin 
  25. Keluarga bermasalah sosial psikologis 
  26. Komunitas adat terpencil 


Pada kesempatan tersebut Dinas Sosial yang diwakili oleh Pak Santoso juga menyampaikan bahwa untuk beberapa waktu ke depan, Dinsos akan mengundang perangkat desa agar datang ke aula dinas tersebut dalam rangka mengikuti bimtek tentang aplikasi PMKS.  

Baca juga Dinsos Tuban Adakan Bimtek SIKS-NG di Jatirogo


EmoticonEmoticon