13 October 2018

Bisnis Online Di Jatirogo Yang Cukup Menggiurkan

Tags

Ketika kita mengamati perkembangan media sosial milik masyarakat Jatirogo, kita akan menemukan ternyata penggunaan media sosial tersebut tak melulu soal update kegiatan harian dan tempat curhat semata. Akan tetapi, banyak pengguna internet yang cukup jeli melihat keberadaan media sebagai alat untuk meraup pundi-pundi penghasilan. Mereka melihat ada celah dari sisi ekonomis di tengah hiruk-pikuknya masyarakat yang senang berlama-lama di dunia media sosial. Dan ketika peluang tersebut diambil dengan cara yang tepat, ternyata benar-benar cukup berhasil. 

Tak sedikit pengguna internet di Jatirogo yang  memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan apa yang mereka punyai. Mulai dari barang-barang otomotif, alat-alat elektronik, kuliner/jajanan, burung piaraan, kebutuhan pertanian, jasa, kerajinan dan lain sebagainya. Semua barang bernilai ekonomis tersebut bisa ditukarkan menjadi uang melalui internet. Yang mana ketika barang tersebut diposting di media sosial kebanyakan akan langsung mendapatkan tanggapan positif dari pengguna medsos lainnya. Sehingga peluang untuk Cash On Delivery (COD) menjadi besar. 


Ratusan transaksi terjadi di Jatirogo pada setiap harinya yang merupakan hasil dari promosi online. Promosi online itu dilakukan menggunakan berbagai macam media sosial. Mulai dari Facebook, Instagram, Whatsapp, Blog, BBM, Website dan media yang lainnya. Pengguna internet yang hendak melakukan promosi perlu memoles kalimat sedemikian rupa sehingga mampu meyakinkan pembaca untuk tertarik terhadap barang yang dipromosikan. Tak lupa, biasanya pengguna melengkapi postingan dengan picture atau gambar barang dengan semenarik mungkin. Hal itu dilakukan secara totalitas sehingga barang dagangan dipastikan laku. 

Selain mebuat postingan sedemikian rupa, tentu para penjual online yang ada di Jatirogo tersebut juga memiliki jaringan yang banyak. Mereka sering menge-add teman, atau memfollownya sehingga postingan dapat terjangkau secara luas. Mereka juga bergabung dengan grup-grup jual beli yang ada di media sosial. Di samping itu, mereka tak bosan-bosan memposting dengan tulisan yang kreatif setiap hari. Lalu dari postingan tersebut mereka membangun komunikasi yang aktif dengan calon pembeli pada kolom komentar sehingga calon pembeli menemukan kenyamanannya. 


Terbukti penjualan barang via online di Jatirogo tersebut cukup berhasil karena adanya kreativitas dari si penjual. Salah satu contohnya mereka menggratiskan ongkos kirim (ongkir) untuk wilayah tertentu. Ada juga yang memberikan pengurangan harga (diskon) untuk pembelian dengan jumlah sekian. Tentu hal-hal tersebut menjadi nilai plus di mata pembeli karena mereka menemukan kepuasan saat bertransaksi secara online, seperti bisa menghemat waktu dan tenaga. 

Lalu, apakah anda juga berniat memulai usaha online? (LH) 

Baca juga Tuban, Antara Bumi Wali Dan Kota Toak


EmoticonEmoticon