Saturday, September 22, 2018

Terjemah Kitab Manaqib Jawahirul Ma'ani Part I

Dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim, maka kami niatkan untuk menerjemahkan kitab manaqib Jawahirul Ma'ani dengan bersungguh-sungguh. Penerjemahan ini dimaksudkan tidak lain adalah agar pembaca dapat terbantu dalam memahami makna yang ada dalamnya.  

Ada sembilan bagian dalam kitab Jawahirul Ma'ani. Kami akan menyajikan bagian per bagian. 


" Ya Allah, tebarkanlah wewangian surga kepada Syekh Abdul Qodir Al Jaelani, dan bentangkanlah kepada kami rahasia-rahasia yang telah Engkau titipkan kepadanya "

Segala puji bagi Allah yang telah mengutus Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi semesta alam, memberikan keutamaan kepada para ulama dengan hujjah agama, memuliakan para wali dengan menampakkan karomah ghaib yang mana hal itu termasuk mukjizatnya para rosul serta memberikan kekhususan kepada umat yang dikehendaki berupa peningkatan derajat ma'rifat. 

Sholawat serta salam semoga tercurahkan kepada pemimpin para rosul yaitu Nabi Muhammad, para keluarganya, dan para sahabat yang menempuh jalan hidup yang lurus. 

Ini merupakan ringkasan kisah wali qutub yang alim, sang penolong dan pembela, pemimpin para wali yang ma'rifat, pemimpin para ulama yang menempuh jalan ketaatan. Beliau adalah baginda yang mulia lagi terhormat yang nasabnya bersambung ke rosulullah, Syekh Abdul Qodir AlJaelani RA, semoga Allah dengan dzatnya yang tinggi membawanya ke derajat yang tinggi serta puncak makna dan keselamatan. 

Saya memilih ini karena beliau memiliki rahasia-rahasia keistimewaan yang menyilaukan serta berdasarkan ucapan para ulama termasyhur sebagai rasa cinta untuk menyebarkan sejarah orang-orang yang penuh dengan kebaikan. Juga untuk mendapatkan nikmat dan rahmat yang sempurna serta turunnya keberkahan dari yang maha kuasa. Karena dengan menyebut mereka akan terbuka pintu-pintu langit yang tinggi, rohmat dan banjirnya keberkahan akan diturunkan oleh Allah. Maka, saya menamakan kitab ini dengan Kitab Jawahirul Ma'ani yang berisikan ringkasan sayyid manaqib kutub yaitu Syekh Abdul Qodir AlJaelani RA.

Beliau adalah pemimpin agung serta merupakan mahkotanya para wali yang diagungkan. Petunjuk bagi para sufi yang dimuliakan. Pemimpin tsaqolaini (jin dan manusia) yang mampu mencapai ke hadirat tuhan penguasa alam. Pemilik derajat yang tinggi. Rajanya kutub. Cahayanya bersinar dan menerangi. Altar yang membela. Penolong yang memberikan petunjuk. 

Yaitu Abu Muhammad Muhyiddin Abdul Qodir AlJaelani RA. Hasan Husain Ash Shiddiq bin Abu Sholih Jankey Dausht bin Imam Abdullah bin Imam Yahya Az Zahid bin Imam Muhammad bin Imam Daud bin Imam Musa bin Imam Abdullah Al Mahdl bin Imam Hasan Al Mutsana bin Imam Amirul Mu'minin Sayyid Hasan As Sibt bin Imam Al Humam Asadillah Al Gholib Fahri bin Gholib Amirul Mu'minin sayyidina Ali bin Abi Tholib KW. Serta putra dari Fatimah Az Zahro binti Sayyina Muhammad SAW. 

Adapun ibunya adalah Syarifah Fatimah binti Abdullah Az Zahid bin Muhammad bin Mahmud bin Dzohir bin Abdullah bin Kamaluddin Isa bin Muhammad Al Jawwad bin Imam Ali Ridho bin Imam Musa Al Kadzim bin Imam Ja'far As Shodiq Imam Muhammad Al Baqir bin Imam Zainal Abidin bin Sayyid Syuhada' Husain bin Ali bin Abi Tholib KW Serta putra dari Fatimah Az Zahro binti Sayyina Muhammad SAW. 

" Ya Allah, tebarkanlah wewangian surga kepada Syekh Abdul Qodir Al Jaelani, dan bentangkanlah kepada kami rahasia-rahasia yang telah Engkau titipkan kepadanya "

Baca juga Terjemah Kitab Manaqib Jawahirul Ma'ani Part II


EmoticonEmoticon