09 September 2018

Sedikit Mengenal Ki Cahyo Kuntadi, Dalang Pagelaran Wayang Yang Akan Hadir Di Jatirogo

Tags

Sudah menjadi tradisi yang tak boleh ditinggalkan di setiap peringatan hari kemerdekaan, pemerintah kecamatan Jatirogo selalu menyelenggarakan pagelaran wayang kulit. Begitu juga pada tahun 2018 ini, akan ada pementasan wayang kulit yang agendanya akan dilaksanakan pada tanggal 13 September. Dengan bertempat di halaman pendopo kecamatan Jatirogo, panitia hari besar nasional (PHBN) akan menghadirkan dalang yang berasal dari Blitar yaitu Ki Cahyo Kuntadi. 

Ki Cahyo Kuntadi sendiri adalah salah seorang putra dari dalang kondang yang bernama Ki Sukron Suwanda. Beliau pernah meraih penghargaan Best Actor dengan lakon Abimanyu Gugur di tahun 2013 dan dinobatkan sebagai dalang terbaik di Festival Wayang Sedunia yang diadakan di Kazakhstan. 


Adapun pertunjukan wayang kulit di Jatirogo ini akan digelar semalam suntuk dengan tema yang diusung yaitu " Sumilaking Pedhot Amarta". Masyarakat yang ingin menikmati lelakon yang dikisahkan bisa hadir langsung di halaman pendopo kecamatan. Di samping turut mengikuti jalannya lakon cerita, dengan menhadiri pagelaran wayang merupakan wujud kecintaan kepada budaya bangsa Indonesia sendiri. 


EmoticonEmoticon