06 September 2018

MWCNU Dan Lazisnu Jatirogo Turun Ke Ranting-ranting

Tags

Gerakan koin NU yang digelorakan oleh Nahdlotul Ulama' beberapa waktu lalu juga terasa geliatnya di kecamatan Jatirogo. Pimpinan MWCNU Jatirogo beserta pengurus Lazisnu bergerak ke desa-desa untuk pembentukan Upzis tingkat ranting. Lazisnu yang merupakan badan otonom (Banom) baru dari organisasi NU ini disosialisasikan untuk dirumuskan keanggotaannya di masing-masing desa. Begitu juga dengan kepengurusan ranting-ranting NU yang selama ini sedang demisioner, maka perlu diadakan pembaruan pengurus. 

K.H. Moh. Najib, ketua MWCNU Jatirogo saat memberikan sambutan di ranting Karangtengah sempat mengutip dawuhnya mbah Hasyim Asy'ari sang pendiri NU, yang mengatakan bahwa siapa pun orangnya yang tulus ikhlas dalam memperjuangkan NU, maka ia akan diakui sebagai santrinya, meskipun orang tersebut tidak pernah mondok sama sekali. Oleh karena itu, beliau mengajak kepada semua warga NU agar mau berjuang dan menghidupkan organisasi tersebut walaupun tidak menduduki jabatan prestis di dalam kepengurusan. 


Lazisnu adalah badan otonom baru yang bergerak di bidang pengumpulan koin.  Koin-koin inilah yang nantinya diharapkan mampu menopang perekonomian warga NU. Dan di Jatirogo sendiri, pengumpulan koin ini sudah mulai dilaksanakan beberapa waktu yang lalu. Kini Badan otonom yang diketuai oleh K.H. Sholeh Mahfudz tersebut bahkan sudah memiliki mobil khusus lazisnu yang bisa dimanfaatkan oleh warga NU Jatirogo yang sedang membutuhkan. 

Ada sembilan macam kegiatan  yang bisa didanai dari bantuan koin NU, kesembilan kategori tersebut adalah untuk pembiayaan :
1. Santunan yatim piatu
2. Ekonomi warga yang lemah 
3. Pendidikan 
4. Kesehatan 
5. Terjadinya bencana 
6. Penguatan organisasi 
7. Kegiatan dakwah 
8. Investasi jangka panjang, dan  
9. Wakaf produktif 

Melihat begitu besarnya manfaat dari adanya penggalangan koin NU ini, maka diharapkan seluruh warga NU untuk mau berpartisipasi dalam menyukseskan program tersebut dengan cara menyisihkan sebagian uang koin demi keberlangsungan Lazisnu. Begitu juga dengan pengurus Lazisnu di semua tingkatan, semoga mampu amanah dalam membawa harta umat dengan cara penggunaannya yang transparan serta dapat dipertanggungjawabkan. 

Baca juga Niat Menikah, Tapi Terhalang Dana? Ikuti Nikah Massal Kabupaten Tuban! Gratis!


EmoticonEmoticon