Tuesday, September 11, 2018

Menyambut Tahun Baru Hijriyah, Lembaga Islam Di Jatirogo Adakan Pawai

Tags

Ribuan pelajar yang ada di kecamatan Jatirogo mengikuti pawai dalam rangka memperingati tahun baru islam 1440 Hijriyah. Kegiatan pawai ini dilaksanakan pada hari Selasa, tepat pada tanggal 1 Muharram atau 11 September 2018. Adapun startnya dimulai dari depan KPH Perhutani Jatirogo sampai finish di lapangan desa Sugihan. Ada 32 lembaga yang ambil bagian dari kegiatan pawai taaruf ini. 


Penonton yang hadir terlihat memenuhi tempat di sepanjang jalan raya. Mereka menyaksikan jalannya pawai dengan tertib. Kendaraan roda dua yang hendak lewat tetap bisa melintas meskipun dengan laju yang perlahan. Sedangkan pengendara roda empat terpaksa harus beralih jalur lewat desa Jombok dan Karangtengah. Acara tersebut diberangkatkan oleh sekretaris kecamatan (Sekcam Jatirogo), Bapak Sudrajad. 

Sekcam Jatirogo saat pemberangkatan 


Arak-arakan tersebut dimulai pada pukul setengah dua siang dan berakhir pada pukul lima sore. Di barisan pertama terdapat tampilan drumband yang disuguhkan oleh anak-anak MI Salafiyah Jatirogo, yang kemudian dilanjutkan oleh penampilan budaya dari berbagai lembaga yang lainnya. Pihak kepolisian turut memberikan pengawalan agar acara berjalan dengan aman. Mayoritas peserta iring-iringan tahun baru itu memakai pakaian muslim yang dominan berwarna putih. 

Masyarakat berharap dengan masuknya tahun baru hijriyah ini bisa membawa keberkahan dan kebaikan pada seluruh kehidupan umat muslim. Di samping itu, adanya pelaksanaan festival pawai Jatirogo ini juga bertujuan untuk mengenalkan tahun islam kepada generasi muda saat ini. Sehingga dapat menciptakan kader yang peduli terhadap perkembangan islam dan budayanya serta lebih memperkuat ukhuwah islamiyah. 

Baca juga MWCNU Dan Lazisnu Jatirogo Turun Ke Ranting-ranting


EmoticonEmoticon