Friday, September 21, 2018

Mengenal Kerja Satgas Dana Desa (DD)

Tags

Sejak desa diguyur dengan dana yang jumlahnya tidak sedikit, pemerintah pun memberikan pengawalan dengan membentuk satuan tugas dana desa (Satgas DD). Hal ini dilakukan untuk memberikan pembinaan kepada para kepala desa dan juga perangkatnya. Di samping itu, pembentukan Satgas DD bertujuan untuk menjembatani apabila ada masyarakat yang akan melakukan pelaporan terhadap penyalahgunaan penggunaan DD. 

Tugas Satgas DD selain mengawasi penggunaan DD yang dilakukan oleh pejabat desa, satgas DD juga memiliki fungsi untuk mengkaji regulasi terkait dana tersebut. Karena bisa jadi kemunculan penyelewengan dana desa karena adanya pemerintah desa yang tidak memahami regulasi yang ada. Apalagi ada tiga kementerian yang memiliki aturan atau regulasi terkait penggunaan dana desa, yaitu Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, kementrian Dalam Negeri serta Kemeterian Keuangan. 


Masyarakat berhak melakukan pengaduan kepada Satgas DD jika menemukan adanya penyalahgunaan terhadap penggunaan dana desa. Akan tetapi, aduan tersebut harus dipenuhi dengan bukti-bukti yang kuat. Tak cukup itu, pengaduan harus dilengkapi dengan data lengkap pengirim aduan seperti nama, alamat, dan nomor telepon yang dapat dihubungi. Hal itu penting karena pengaduan tidak boleh hanya berdasarkan pada prasangka saja. Karena semangat dari keberadaan Satgas DD ini adalah untuk memberikan pembinaan bukan penangkapan. 

Saat menindaklanjuti aduan dari masyarakat, satgas DD nantinya akan memilah kasus menjadi dua penanganan, yaitu sanksi administratif dan sanksi pidana. Bila kasusnya berupa sanksi administrasi maka penanganannya akan diserahkan kepada Inspektorat untuk diberikan pendampingan dan pembinaan, baik itu oleh Inspektorat Kabupaten, Provinsi maupun Inspektorat tingkat pusat. Sedangkan jika yang terjadi adalah pelanggaran pidana, maka satgas DD akan membawa kasus tersebut ke penegak hukum yang berwajib. 

Adanya Satgas DD bukanlah sebuah upaya untuk menakut-nakuti kepala desa dan pemerintahan desa. Satgas DD sendiri menegaskan bahwa selama pemerintah desa tidak melakukan penyelewengan serta melaksanakan penggunaan anggaran sesuai prosedur, maka tidak ada alasan untuk merasa takut dengan keberadaan Satgas DD. Bahkan pemerintah berharap tidak ada satupun pejabat pemerintah desa yang tersandung kasus dana tersebut. Karena memang tujuan pemberian dana desa tersebut adalah untuk misi positif yaitu menyejahterakan masyarakat di desa. 


EmoticonEmoticon