10 September 2018

Membuka Usaha Di Desa? Bisa!

Tags



Seringkali kita menjumpai adanya budaya di masyarakat yang menganggap bahwa orang yang ingin berusaha di desa pasti tidak bisa berkembang karena peluangnya yang sangat kecil. Sehingga tidak sedikit para pemuda yang lebih senang merantau ke suatu kota karena kota menjanjikan pekerjaan dengan penghasilan yang besar. 


Kebanyakan dari mereka menganggap bahwa usaha yang dirintis di desa hanyalah usaha kecil yang tidak bisa menjadi besar. Padahal desa sebenarnya mempunyai potensi besar yang jika mendapatkan sentuhan dari para pemuda kreatif, maka akan memunculkan sebuah pretasi yang luar biasa.

Berikut ini ada beberapa macam pekerjaan atau usaha yang bisa dilakukan di desa. Di antaranya yaitu:


1. Pertanian

Pertanian adalah usaha yang paling memungkinkan untuk dikembangkan di desa. Sebab lahan yang ada di desa lebih luas daripada di kota. Usaha yang bergerak di bidang produksi bahan pangan ini pasti jangkauan pasarnya luas, karena setiap orang membutuhkan suplai sembako yang dihasilkan dari pertanian. Terlebih saat ini banyak sekali program-program dari pemerintah untuk memajukan usaha pertanian dan meningkatkan kedaulatan pangan.


Pemuda desa yang kreatif biasanya memiliki ide untuk mengembangkan desanya, termasuk melalui bidang pertanian. Mereka bisa menciptakan icon untuk desanya sebagai penghasil tanaman tertentu. Bisa berupa buah, sayuran, tanaman hias maupun yang lainnya.  



2. Peternakan

Salah satu hal yang menjadi alasan dalam membuka usaha di desa di antaranya adalah karena kebanyakan usaha yang ditekuni di desa ramah lingkungan. Termasuk di antaranya adalah peternakan. Banyak jenis hewan yang bisa diternakkan di pedesaan, di antaranya sapi, kambing, ikan, ayam, burung dengan berbagai macam jenisnya dll. Usaha ternak ini bisa dilakukan secara mandiri maupun kerjasama dengan pihak lain/ kemitraan.



Adanya usaha peternakan terbukti mampu menopang perekonomian. Banyak orang yang sukses bekerja di bidang ini. Dan itu tidak harus dilakukan di kota. Sebagaimana usaha di bidang pertanian, usaha di bidang ini pun sering mendapatkan perhatian dari pemerintah. Banyak penyuluhan-penyuluhan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas peternakan.



3. Les, bimbingan belajar (Bimbel)

Ada lagi pekerjaan yang bisa dilaksanakan di desa yaitu membuka usaha bimbel. Anak-anak pada zaman sekarang ini memiliki kebutuhan belajar yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan anak-anak pada zaman dahulu. Dan kebanyakan orangtua saat ini sudah tidak mampu lagi untuk mendampingi anaknya belajar atau karena waktuuntuk hal tersebut yang kurang ada. Nah, anda bisa memanfaatkan situasi ini dengan membuka kantor bimbel yang menampung anak-anak untuk belajar. 


Bayangkan jika peserta anda yang berminat mengikutinya banyak, tinggal menghitung penghasilan anda. Terkait materi jangan khawatir, anda bisa memberdayakan pemuda-pemuda desa yang mampu untuk dimanage yang bagus. Di samping itu internet juga menjadi solusi jika ada beberapa hal yang kurang dipahami. Yang terpenting kualitas bimbel anda harus dijaga.


4. Penjualan pulsa, Elpiji, Isi ulang air dll.

Untuk yang satu ini, anda bisa berusaha di bidang pedistribusian barang. Baik itu elpiji, air isi ulang, pulsa, maupun kebutuhan lain yang erat sekali dengan keperluan sehari-hari masyarakat. Dalam usaha ini, anda harus menunjukkan performa luar biasa yang tahan banting. Jangan sedikit-sedikit menyerah gulung tikar karena belum adanya laba yang didapatkan. Yang terpenting dari usaha ini, anda harus bisa mengemas dengan baik dan strategi handal sehingga masyarakat pelanggan benar-benar puas dengan apa yang anda berikan, sehingga berdampak positif pada usaha anda. 


Nah, dengan sedikit contoh jenis usaha di atas. Masih adakah yang meyakini bahwa tidak ada pekerjaan yang bisa dilakukan di desa?

Baca juga Internet Desa, Kini Masyarakat Bisa Menikmatinya


EmoticonEmoticon