16 September 2018

KTP Hilang? Begini Prosedur Mengurusnya

Tags

KTP atau Kartu Tanda Penduduk merupakan identitas resmi yang harus dimiliki setiap warga. Hal itu penting dikarenakan setiap adanya transaksi bank, pengurusan perizinan maupun kegiatan yang lainnya selalu membutuhkan kartu yang satu ini.

Di dalamnya memuat informasi tentang data diri seseorang. Mulai dari nama, nomor induk kependudukan (NIK) hingga foto pemilik KTP tersebut. Apalagi saat ini, sudah berlaku KTP elektronik atau yang biasa disebut E-KTP/KTP-el. Maka, jatidiri seseorang yang ada di dalam KTP tersebut berlaku secara nasional. Sehingga dapat dipastikan bahwa satu KTP hanya dimiliki oleh satu orang, begitu juga sebaliknya sesorang tidak bisa mempunyai data ganda karena sudah masuk dalam database negara. 


Nah, sekarang bagaimana jika ada seseorang yang kehilangan KTPnya, apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mengurus KTP yang hilang tersebut? Baiklah berikut ini prosedur atau langkah yang bisa ditempuh untuk mengurus KTP yang hilang :
1. Minta surat kehilangan dari polsek
2. Minta formulir permohonan KTP dari desa
3. Siapkan KK (asli & fotokopi) 
4. Bawalah ketiga berkas tersebut ke Dinas. Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) 
5. Ambil antrean dan tunggu untuk mendapatkan pelayanan. Setelah itu kartu tanda penduduk anda yang hilang akan dicetak ulang. 

Demikian tadi beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memenuhi persyaratan dalam mengurus KTP yang hilang. 




EmoticonEmoticon