04 September 2018

Internet Desa, Kini Masyarakat Bisa Menikmatinya

Tags

Desa-desa yang ada di Jatirogo kini sudah bisa terhubung dengan internet. Hal itu terjadi karena seluruh pemerintah desa telah melakukan pemasangan jaringan telekomunikasi di masing-masing balai desa. Pemerintah kabupaten Tuban sendiri memang mewajibkan desa untuk menganggarkan pembangunan infrastruktur teknologi informasi pada tahun anggaran 2018 ini.  Dengan adanya layanan internet tersebut, diharapkan pemerintah desa lebih maksimal dalam memberikan pelayanan kepada penduduknya. Begitu juga dengan masyarakat bisa memanfaatkan akses internet tersebut untuk mencari informasi maupun hiburan yang bisa diperoleh dari internet.


Untuk pemasangan alat jaringan telekomunikasi ini, pihak desa bekerja sama dengan Icon+. Sebuah Anak perusahaan PLN yang melayani kebutuhan di bidang komunikasi. Ada dua saluran yang dipasang pada alat tersebut yang fungsinya diperuntukkan bagi internal kantor dan eksternal. Masyarakat yang berkeinginan mengakses internet pada saluran wifi tersebut bisa memanfaatkannya mulai pukul 2 siang. Icon+ mengklaim bahwa sinyal yang dikirim mampu menjangkau ke beberapa tempat sampai jarak 300 meter, asalkan lokasi tersebut tidak terhalang oleh suatu benda atau bangunan.



Pihak Icon+ menjanjikan koneksi kuat dengan jaringan internet dedicated 2 Mpbs. Sehingga provider internet tersebut mengatakan bahwa penggunaanya akan tetap selalu stabil tanpa ada kendala apapun. Oleh karena itu, desa diharuskan untuk menganggarkan dana sebesar dua juta rupiah untuk biaya langganan perbulannya.


EmoticonEmoticon