Saturday, September 22, 2018

Inilah Beberapa Macam Warna Kertas Untuk Pemilu 2019

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia mulai mendesain surat suara yang akan dipergunakan untuk pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019 dan menetapkan pembagian warna kertasnya. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat tidak kebingungan saat memberikan suaranya ketika akan mencoblos. KPU mendesain surat suara tersebut dengan mencantumkan nomor partai, gambar partai, nama partai dan juga nama calon. 


Sebagaimana diketahui bahwa pemilu yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 nanti ada 5 macam pemilihan yang akan dipilih sekaligus oleh masyarakat. Kelimanya terdiri dari satu pemilihan presiden dan empat pemilihan legislatif, yaitu DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten. Berikut ini rencana pembagian warna kertas untuk pemilu 2019:
1. Warna Abu-abu untuk pemilu presiden & wakil presiden 
2. Warna Kuning untuk pemilu DPR RI
3. Warna Merah untuk pemilu DPD RI
4. Warna Biru untuk pemilu DPRD Provinsi
5. Warna Hijau untuk pemilu DPRD Kabupaten 


Dengan adanya perbedaan warna pada surat suara tersebut, diharapkan agar KPU memberikan pemberitahuan kepada masyarakat sejak awal. Agar warga yang datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) tidak kebingungan saat mendapatkan lembaran kertas yang bermacam-macam warna karena belum pernah mendapatkan penjelasan sebelumnya. Akibatnya, banyak masyarakat yang keliru saat mencoblos sehingga surat suara menjadi tidak sah dan merugikan peserta pemilu. 

Baca juga Sudahkah Dirimu Tercantum di DPS Pemilu 2019?

1 comments so far


EmoticonEmoticon