12 September 2018

Dinsos Tuban Adakan Bimtek SIKS-NG di Jatirogo

Tags

Sejumlah operator SIKS NG yang ada di kecamatan Jatirogo dan Kenduruan mendapatkan bimbingan teknis cara pengisian aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS NG). Bimbingan yang dilakukan di kantor PKK kecamatan Jatirogo ini merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya pernah dilaksanakan di kantor dinas sosial Tuban. 


Seluruh peserta bimtek diharuskan membawa laptop dengan spesifikasi minimal Microsoft 2013. Aplikasi yang terhubung langsung dengan kementerian sosial ini berfungsi untuk mengupdate data penerima bantuan dari pemerintah melalui dinas sosial. Supaya didapatkan data yang akurat terkait kondisi masyarakat, maka diperlukan juga adanya seorang yang bertugas sebagai pendata lapangan. 


Dengan aplikasi ini, warga yang kurang mampu dapat diusulkan supaya mendapatkan bantuan dari pemerintah dengan cara dimasukkan terlebih dahulu ke dalam Basis Data Terpadu (BDT). hal itu penting karena apabila seseorang belum masuk ke dalam BDT, maka orang tersebut tidak bisa mendapatkan satupun program bantuan dari pemerintah.

Aplikasi tersebut dapat dijalankan secara offline. Pihak Dinsos berharap agar operator yang menanganinya haruslah seseorang yang sudah ditunjuk dan di-SK-kan tanpa sering berganti-ganti orang. Hal ini dilakukan agar Dinsos Tuban tidak mengulang-ulang bimbingan yang sudah pernah diberikan. Diharapkan petugas yang menjadi operator SIKS NG maupun pendata lapangan memiliki kegigihan yang kuat karena bantuan ini menyangkut nasib orang. 

Baca juga Koordinasi Dan Evaluasi Program BPNT


EmoticonEmoticon