30 September 2018

Bimtek Penerapan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018

Tags

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Keluarga Berencana (Dispemas KB) Kabupaten Tuban mengadakan pembinaan dan pelatihan administrasi pengelolaan keuangan bagi perangkat desa (sekdes dan bendahara desa) se-kabupaten Tuban. Bimtek tersebut diselenggarakan selama empat hari, yaitu mulai tanggal 25 sampai tanggal 28 September 2018. 


Bimbingan teknis yang bertujuan fasilitasi pengelolaan keuangan desa tersebut diadakan di Hotel Mahkota yang terletak di Desa Sugihwaras Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban. Bimtek tersebut dilakukan sebanyak tiga gelombang untuk desa-desa yang tersebar di 20 kecamatan. Berikut ini perinciannya :
1. Tanggal 25-26 September untuk kecamatan:
Bancar
Tambakboyo
Kerek 
Montong
Jenu
Semanding

2. Tanggal 26-27 September untuk kecamatan:
Bangilan 
Merakurak 
Rengel
Tuban
Plumpang
Palang
Widang

3. Tanggal 27-28 September untuk kecamatan:
Kenduruan 
Jatirogo 
Senori
Singgahan 
Parengan
Soko
Grabagan

Dalam bimtek tersebut, Dispemas Tuban menghadirkan narasumber yang berasal dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang menyampaikan materi tentang Permendagri nomor 20 tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Oleh karena itu, semasa pelatihan, semua peserta diharuskan membawa laptop karena akan dilakukan simulasi terkait pengerjaan pelaporan keuangan desa yang rencananya akan diterapkan untuk anggaran tahun depan. 


Dalam penyampaiannya, Kemendagri memaparkan bahwa format RKP maupun APBDes pada tahun 2019 akan berbeda dengan format pada tahun sebelumnya. Adanya perbedaan tersebut sesuai dengan aturan yang ada pada Permendagri nomor 20 tahun 2018. Perubahan itu dilakukan untuk menyempurnakan format yang selama ini sudah dipakai. Di antara perubahan yang ada pada aturan tersebut contohnya adalah munculnya tambahan Buku Pembantu Panjar serta Penghapusan Surat Perintah Membayar (SPM) karena sudah diringkas dalam Surat Permintaan Pembayaran (SPP). 


EmoticonEmoticon