Thursday, August 2, 2018

Pengisian Siskeudes Bersama Pendamping APBDes

Tags

Sistem Keuangan Desa atau yang biasa disebut Siskeudes adalah sebuah aplikasi yang dibesut oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk pelaporan APBDes. Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan pemerintah desa dalam membuat laporan keuangan yang selama ini masih dikerjakan secara manual. Aplikasi yang berisikan berbagai laporan kegiatan mulai dari perencanaan, penganggaran sampai pelaporan ini dijadwalkan harus sudah selesai pada Rabu mendatang (15/8).


Pak Widiyono saat memberikan pendampingan terkait pengisian aplikasi ini menyampaikan bahwa jangan sampai ada satu desa pun yang tidak memahami cara kerja aplikasi ini. Karena ke depannya nanti, pelaporan APBDes oleh desa yang masih menggunakan cara manual akan ditolak.
" Untuk saat ini biarlah para sekdes yang masih muda ini yang menginput data ke dalam aplikasi. Pada akhirnya, operator siskeudes ini mestinya digarap oleh Kaur Perencanaan sebagai penyusun APBDes dan Kaur Keuangan sebagai operator penata keuangan desa." Ujarnya.


Pengisian Siskeudes yang dilakukan di balai desa Wotsogo ini dilakukan seusai Konferensi Kades dan Sekdes se-kecamatan Jatirogo. Ada delapan belas operator yang mengikuti bimbingan pengisian aplikasi Siskeudes di siang itu. Dengan adanya aplikasi ini semua pihak berharap agar tata kelola keuangan di semua desa menjadi lebih baik lagi.


EmoticonEmoticon