17 August 2018

Malam Tirakatan Warga Jatirogo

Tags

Masyarakat Jatirogo sama berkumpul pada malam menjelang peringatan HUT kemerdekaan RI tahun 2018 di pendopo kecamatan. Berbagai unsur masyarakat hadir di acara yang disebut sebagai malam tirakatan itu. Di antaranya adalah para ulama, para pejabat di tingkat kecamatan, kepala desa, perangkat desa, pimpinan instansi dan lembaga, serta berbagai elemen masyarakat umum lainnya. 


Tradisi malam tirakatan ini selalu diadakan di setiap tahunnya. Kegiatan yang salah satu tujuannya untuk mengenang jasa pahlawan ini diisi dengan sholawatan, bacaan barzanji dan tahlil, serta mendoakan para leluhur bangsa Indonesia yang telah berjuang demi kemerdekaan Republik Indonesia. Acara terakhir kemudian ditutup dengan makan tumpeng bersama. 


Camat Jatirogo, Bapak Moh. Nawawi dalam sambutannya mengatakan bahwa bangsa Indonesia generasi sekarang ini harus bersyukur kepada Allah SWT atas perjuangan para pendahulu. Beliau mengajak kepada seluruh masyarakat khususnya warga Jatirogo untuk mengisi rasa syukur ini dengan berbagai kegiatan yang positif. Beliau juga mengingatkan kepada masyarakat agar taat terhadap ulil amri (pemerintah) yang menginstuksikan agar selama bulan Agustus ini memasang bendera merah putih dan juga umbul-umbul. 


EmoticonEmoticon