Wednesday, August 15, 2018

Layanan Akta Kelahiran Gratis Di Bulan Kemerdekaan

Tags

Para perangkat desa yang tergabung dalam Operator SIAK (sistem Informasi Administrasi Kependudukan) se-kecamatan Jatirogo berinisiatif akan mengadakan pembuatan Akta Kelahiran secara massal dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan RI yang ke-73. Pembuatan akta massal ini nantinya akan ditempatkan di stand Expo lapangan desa Sugihan yang akan dilaksanakan selama tiga hari, yaitu mulai tanggal 23 sampai 25 Agustus 2018. 

Setidaknya ada seratus lembar akta kelahiran yang ditargetkan bisa dicetak di tempat pengurusan akta ini. Masyarakat yang datang ke lokasi stand ekspo akan dilayani selama dua puluh empat jam. M.  Zuhdi, salah seorang operator SIAK dari desa Karangtengah mengatakan bahwa pembuatan akta ini tidak dipungut biaya alias gratis. Asal persyaratan yang dibutuhkan dalam pembuatan akta tersebut mampu dilengkapi oleh warga pembuat. Dan pada hari terakhir (25/8) bagi warga yang persyaratannya lengkap, maka akta bisa dicetak di tempat. Karena pada hari terakhir itu petugas Disdukcapil Tuban direncanakan hadir di lokasi stand expo. 


M.  Zuhdi menambahkan bahwa syarat yang harus dilengkapi dalam pembuatan akta kelahiran adalah sebagai berikut:
1. Surat kelahiran asli dari bidan
2. Surat keterangan kelahiran dari desa 
3. Surat Nikah orang tua yang dilegalisir
4. Fotokopi KTP orang tua 
5. Fotokopi KK (data anak harus sudah di KK) 





Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat Tuban khususnya yang berdomisili di kecamatan Jatirogo akan terbantu dalam pengurusan Akta Kelahiran. 


EmoticonEmoticon