Tuesday, August 14, 2018

BPD dan Perangkat Desa Se-Jatirogo Dan Kenduruan Mengikuti Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Desa

Tags

Tim pengawal dan pengamanan pemerintah dan pembangunan daerah (TP4D) mengadakan sosialisasi pengelolaan keuangan desa. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di pendopo kecamatan Kenduruan pada hari Selasa (14/8). Sosialisasi yang dimulai pada pukul sembilan pagi ini diikuti oleh seluruh desa di dua kecamatan, yaitu Kenduruan dan Jatirogo. Adapun masing-masing desa diwakili oleh tiga orang peserta yang berasal dari unsur BPD dan perangkat desa. 


Pak Emawan, salah seorang narasumber yang berasal dari Inspektorat Kabupaten Tuban mewanti-wanti para pengelola keuangan desa agar berhati-hati dalam menggunakan anggaran desa. Beliau mengatakan jangan sampai ada kegiatan di desa yang mana dalam perencanaannya A, tapi dalam pelaksanaan ternyata B. Ini nantinya bisa dianggap sebagai perbuatan melawan hukum. Beliau juga menggaris bawahi agar mekanisme penggunaan anggaran desa, kegiatannya harus dilaksanakan secara swakelola. 


Kusbiantoro, salah seorang pemateri dari Jampidsus menambahkan bahwa sesuai keputusan MK, mulai tahun ini, setiap warga Indonesia berhak untuk mengikuti pemilihan kepala desa maupun perangkat desa di manapun tempatnya. Jadi tidak terbentur aturan harus warga setempat. Di samping itu, beliau juga menekankan agar perangkat desa tanggap terhadap aturan-aturan baru yang dikeluarkan oleh pemerintah. Terlebih saat ini peraturan perundang-undangan bisa didapatkan melalui internet. 



 


EmoticonEmoticon