Tuesday, July 3, 2018

Perawat Jenazah Desa Karangtengah

Tags


Sebagaimana diterangkan dalam syariat agama Islam, hukum merawat jenazah muslim adalah fardhu kifayah, yang artinya adalah apabila ada seseorang muslim yang meninggal dunia maka harus ada yang merawatnya. Namun, apabila semua warga yang ada di lingkungan tersebut tidak ada yang mengurusi dan membiarkannya maka mereka semua akan terkena dosa. 


Ilustrasi Modin Mayit

 Dalam mengurusi jenazah ini, setidaknya ada empat pekerjaan yang harus dilakukan untuk merawatnya. Di antaranya adalah memandikan, mengkafani, menyolati dan menguburkannya. Dan tentunya pengurusan terhadap orang yang sudah meninggal dunia ini tidak boleh dilaksanakan secara sembarangan, orang yang bertugas pun harus memenuhi persyaratan dan dengan tatacara yang sudah ditentukan. Termasuk di antaranya adalah jika jenazahnya laki-laki, maka tidak boleh dimandikan oleh orang perempuan kecuali oleh muhrim atau istrinya sendiri.

Berangkat dari hal inilah maka Pemerintah Desa di setiap wilayah memiliki petugas-petugas yang khusus dalam keperawatan jenazah. Begitu juga dengan desa Karangtengah. Beberapa petugas yang mendapatkan kewenangan dalam pengurusan jenazah (Modin Mayit:Jawa) dapat dilihat pada tabel gambar di bawah ini.





EmoticonEmoticon