12 July 2018

Khataman Santri TPQ Nurul Qomariyah

Tags

Bertempat di halaman TPQ Nurul Qomariyah, Pengurus Yayasan Nurul qomariyah mengadakan pengajian umum dalam rangka wisuda santriwan-santriwati TPQ Nurul qomariyah yang sudah khatam dan menyelesaikan belajar Alqur’an sebanyak 30 Juz. Ada sekitar 26 anak didik yang diwisuda pada malam tanggal 10 Juli itu. Pengajian yang dihadiri oleh K.H. Saerozy dari Lamongan itu dihadiri lebih dari seribu orang. Banyak tampilan-tampilan dari anak-anak yang disuguhkan pada malam itu. Seperti tari saman, asma’ul husna, kun anta, nirmala dan lain-lain.  


Beberapa hari sebelum pengajian, banyak kegiatan yang dilaksanakan untuk menyongsong malam wisuda itu sendiri. Di antaranya adalah mengadakan perlombaan yang mempertemukan sejumlah lembaga TPQ, baik yang ada di Desa Karangtengah maupun di desa-desa tetangga. Perlombaan yang dipertandingkan tersebut di antaranya adalah gobak sodor, sepeda lambat, pukul air , memindah kursi, makan kerupuk, balon estafet serta lomba-lomba yang bersifat ilmiah semacam cerdas cermat, lomba adzan, pidato, tartil dan tahfidz. Kemudian selang sehari sebelum pengajian, panitia juga mengadakan pawai santri yang dimeriahkan oleh grup Drumband dari MI Ulumiyah Kebonharjo. 

Camat Jatirogo, Moh. Nawawi saat memberikan sambutan di atas panggung merasa senang dan bangga melihat generasi muda di desa Karangtengah menmperoleh pendidikan Alqur’an dengan baik. Beliau juga menyampaikan bahwa pendidikan Alqur’an ini sejalan dengan program pemerintah kabupaten Tuban untuk menjadikan tuban sebagai kota Bumi Wali yang peduli terhadap pendidikan agama. Bahkan Bupati Tuban mengeluarkan Perbup 5 Tahun 2018 tentang Gerakan Mengaji (file Perbup bisa diunduh di sini). Bupati Tuban juga mensyaratkan anak didik yang ada di walayah Tuban untuk mengikuti Munaqosyah, sehingga dari munaqosyah tersebut diperoleh sertifat yang dijadikan persyaratan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP/ MTs. 


EmoticonEmoticon