10 June 2018

Bimtek Situng Pilgub Jatim Untuk KPPS Jatirogo

Tags

Setelah dilantik beberapa hari yang lalu, maka seluruh KPPS yang ada di kecamatan Jatirogo mendapatkan Bimbingan Teknis Sistem Informasi Penghitungan Suara (Bimtek Situng) untuk menghadapi Pilkada Jatim tahun 2018. Kegiatan ini diikuti sebanyak 192 orang dari 96 TPS yang yang ada di 18 desa. Bimtek ini sendiri dilakukan sebanyak tiga gelombaang. Terdiri dari dua orang per masing-masing TPS, yaitu ketua KPPS dan operator data.

  


Imam Sofi'i, selaku PPK Jatirogo saat memberikan sambutan mengatakan kegembiraannya dengan adanya aturan baru yang memberikan keringanan bagi pemilih yang hendak melakukan pencoblosan. Hal ini dikarenakan sebelumnya pemilih diwajibkan membawa e-KTP saat datang ke TPS. Tapi pada akhirnya aturan itu diberi dispensasi, asalkan data orang tersebut sesuai dengan data yang ada di C-6. Hal inilah yang sebelumnya membuat penyelenggara Pilgub khawatir dengan tingkat partisipasi masyarakat yang rendah dalam pemungutan suara.

 

Aplikasi Situng ini berisi tentang isian data-data pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi. Hal itu untuk memperoleh pemahaman yang sama di antara semua penyelenggara sehingga menghasilkan penghitungan suara dengan cepat dan akurat. Di samping itu, penghitungan dapat dilakukan secara transparan sehingga bisa dipertanggungjawabkan.


EmoticonEmoticon