Tuesday, May 15, 2018

Suasana Pembagian Sertipikat Tanah di Desa Karangtengah

Tags

Dengan adanya program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang digalakkan oleh pemerintah pusat, maka warga desa Karangtengah pun ikut mendaftarkan tanahnya pada Prona (Proyek Operasi Nasional Agraria) yang dibuka pada tahun kemarin (2017). Mereka berharap agar Pemerintah melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menerbitkan Sertipikat hak milik (SHM) atas tanah mereka.


Dan hari ini, Selasa (15/5) pembuatan sertifikat massal ini sudah memasuki tahap akhir dan siap dibagikan ke setiap warga. Sebanyak 388 lembar sertipikat dibagikan oleh tim dari BPN Kabupaten Tuban.


Sumarno, salah seorang warga yang ikut mendaftar Prona menyatakan senang dengan adanya prona ini, sebab jika mengurus sertipikat tanahnya secara mandiri tentunya akan memakan biaya yang cukup besar. Dia mengaku mendaftarkan sebanyak dua bidang tanah miliknya. Dia berharap supaya ke depannya masih ada progam pembuatan sertipikat massal lagi karena masih banyak masyarakat yang belum sempat mengikuti program ini.


Masyarakat sendiri menyadari banyak manfaat yang didapatkan dari kepemilikan SHM ini, di antaranya adalah:
1. Menghindari konflik fisik
2. Memberikan kepastian hukum tentang kepemilikan dan penguasaan hak atas tanah
3. Dengan adanya sertipikat yang di miliki dapat dijadikan jaminan bank
4. Menjadikan bukti otentik untuk warisan
5. Sebagai bukti otentik dalam suatu sengketa
6. Jaminan untuk jual bel
7. Menghindari penyerobotan tanah oleh pihak lain
8. Membatasi pemerintah untuk tidak semena-semena mengambil tanah rakyat.


EmoticonEmoticon