10 Mei 2018

Pembukaan Rekening BNI Untuk Penerima BPNT

Tags

Sebanyak delapan belas desa yang ada di wilayah kecamatan Jatirogo hari ini melakukan pembukaan rekening Bank BNI di dua tempat, yaitu balai desa Paseyan dan Wotsogo. Pembukaan rekening tersebut diperuntukkan bagi sejumlah warga yang akan mendapatkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang diberikan oleh pemerintah melalui Dinas Sosial. Demi kenyamanan pelayanan, pemerintah Kecamatan menentukan dua lokasi tersebut yang dijadikan tempat pembukaan rekening.


Pembukaan rekening BNI ini harus dilakukan sendiri oleh penerima bantuan karena pihak bank ingin memastikan bahwa penerima bantuan ini benar-benar menyasar langsung ke orangnya. Sehingga, jika tidak memungkinkan untuk datang sendiri karena sakit, sudah sangat tua atau karena hal yang lain, maka pembukaan rekening bisa diwakilkan ke kerabatnya dengan disertai surat kuasa dari desa.


Dwi Padmi, pendamping TKSK mengatakan bahwa pagu penerima untuk masing-masing desa tidak sama dengan yang lain karena datanya langsung bersumber dari pusat. Jika nanti ada penerima yang ternyata tidak sesuai dengan keadaan sosial misalnya karena sudah mampu, meninggal, atau pindah tempat, maka boleh diusulkan untuk diganti pada penerimaan berikutnya asalkan melalui mekanisme musyawarah desa (musdes).


Pembukaan rekening sendiri dijadwalkan mulai pukul sembilan pagi sampai selesai. Calon penerima BPNT diharuskan mengisi formulir pendaftaran dan melengkapinya dengan fotokopi KK dan KTP. Dan bagi keluarga yang tidak memiliki KK maka bisa diganti dengan membawa data dari SIAK yang berstempel desa, sedangkan yang tidak memiliki KTP diharuskan membawa surat keterangan domisili dari desa.

baca juga Catat! Dinas Penanaman Modal Kabupaten Tuban Membuka Layanan Perizinan Usaha Di Jatirogo

Drs. Moh. Nawawi, M.M., Camat Jatirogo berharap agar bantuan yang masuk ke rekening penerima sebesar seratus sepuluh ribu perbulan itu bisa ditukarkan langsung dengan beras, telur dll di Bumdes masing-masing desa. Oleh karena itu, beliau meminta agar semua Bumdes yang ada di seluruh kecamatan Jatirogo bekerjasama dengan Bank BNI dengan cara menjadi Agen 46 BNI agar bisa menyalurkan bantuan.


EmoticonEmoticon