08 Mei 2018

Pelatihan RAB bagi Perangkat Desa se-Jatirogo

Tags

Selama dua hari, Selasa dan Rabu (8-9/5/2018) pemerintah kecamatan Jatirogo mengadakan pelatihan pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB) bagi perangkat desa se-kecamatan Jatirogo. Pelatihan yang dilakukan di gedung Panti PKK Jatirogo ini dimaksudkan agar setiap desa mampu menyusun RAB sendiri tanpa harus meminta bantuan pihak lain.


Sebagaimana diketahui, dengan digulirkannya Dana Desa sejak tahun 2015 oleh pemerintah pusat, maka desa dihadapkan pada kegiatan membangun desa. Banyak perangkat desa yang masih awam dalam pembuatan RAB untuk setiap kegiatan pembangunan fisik. Hal ini memaksa setiap kegiatan yang akan dilakukan, perencanaannya harus digarap orang lain. Inilah yang mendorong pemerintah kecamatan Jatirogo untuk mengadakan pelatihan pembuatan RAB.


Pak Toha, narasumber yang mengisi pelatihan RAB ini berharap, dengan adanya pelatihan ini RAB bisa diselesaikan dengan detail oleh TPK masing-masing desa. Terlebih pemerintah mengamanatkan minimal 30% dari total kegiatan fisik digunakan untuk pembiayaan tenaga kerja. Sesuai dengan program Padat Karya Tunai (PKT) yang lebih memberdayakan masyarakat lokal.


Narasumber lain, pak Widiyono mengaku heran dengan banyaknya SPJ-SPJ beberapa desa yang isi nominalnya sama persis dengan apa yang ada pada RAB. Padahal jika dicermati pasti terdapat selisih dari keduanya. Kedua narasumber ini juga menekankan agar desa memperhatikan pajak dari setiap kegiatan yang dilakukan secara swakelola ini.


Dalam kesempatan dua hari itu akan dibedah RAB untuk berbagai kegiatan. Di antaranya : Jalan paving, drainase, jalan lingkungan, jembatan, gedung, lapen, hotmix dll. 

2 komentar


EmoticonEmoticon